Hai Ladies! Ini 5 Keuntungan Memilih Pengacara Perempuan Saat Dilanda Masalah Hukum

Selain masalah kesehatan, masalah hukum juga menjadi masalah yang kursial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal kaluarga mulai dari membuat perjanjian pranikah, perceraian, waris, gono-goni, hak asuh anak, anak angkat sampai permasalahan bisnis seperti jual beli, sewa menyewa, merk dagang, dan lain sebagainya pengacara dibutuhkan karena lebih paham bagaimana meluruskan masalah sesuai aturan.

Beberapa orang berpendapat, bahwa dunia pengacara adalah dunia laki-laki. Terlalu keras dunia pengacara untuk perempuan. Apakah benar? Nyatanya beberapa klien yang datang kepadaku  mengatakan, “Saya butuhnya pengacara wanita, agar saya bisa lepas bercerita,”

Rupanya, pengacara perempuan memang punya daya tarik tersendiri. Apalagi untuk kasus hukum keluarga yang banyak melibatkan perasaan. Klien perempuan, apapun masalahnya tentu butuh ditampung perasaannya. Dan sesama perempuan, 5 hal ini bisa jadi pertimbangan.

 

Bersemangat Membela Sesama Perempuan

Tidak dipungkiri bahwa gender menjadi alasan tersendiri. Perempuan biasanya lebih bisa merasakan apa yang dirasakan oleh perempuan. Apalagi jika kasusnya berkaitan dengan KDRT, pelecehan seksual dan lainnya yang dilakukan oleh pria dan merugikan wanita.

Advokat perempuan juga manusia. Merasa sesama jenisnya dianiyaya, tentu sebagai pembela juga ikut tersayat hatinya. Meskipun begitu, jangan khawatir. Pengacara perempuan juga mampu menjalankan tugasnya secara profesianal.

 

Sabar Mendengar Curhatan

Sepahamanku selama jadi pengacara, banyak klien yang selain butuh solusi hukum, juga membutuhkan solusi jiwa atau mental. Alhasil, saat aku tengah berusaha menguraikan fakta hukum yang dipaparkan klien, sambari mendengarkan curhat yang panjang kali lebar.

Kalau energiku lagi full ya, tidak jarang aku berusaha mendengar curhatan klien sekalipun itu bukan masalah hukum. Dari situ aku bisa membantu klien menguraikan masalahnya, memilah masalahnya, masalah hukum atau bukan sampai tindakan yang mengarah pada solusi.

 

Empati Tinggi Meskipun Logika Kuat

Menjadi pengacara memang dituntut untuk baik dalam logika. Namun dengan logika bukan berarti mematikan rasa. Advokat perempuan lebih bisa menampung perasan orang saat berbagai masalah melanda. Itu pun, kalau kliennya juga sesama perempuan.

Sebagian besar pengacara perempuan tahu bagaimana memahami perasaan dan cara berpikir perempuan. Sehingga kalau kasus teman-teman melibatkan perasaan (kasus berkaitan hukum keluarga misalnya) bisa mendapat penyelesaian hukum sekaligus penyelesaian hati.

 

Bisa Menjadi Teman Sesama Perempuan

Kalau kalian cocok, bisa jadi pertemuan kalian tidak sebatas perkara selesai saja. Bisa jadi selanjutnya kalian bisa ngemall bareng, nge cafe bareng, bahkan sampai play date anak juga.

 

Lebih Lepas Menceritakan Permasalahan

Ini dia keuntungan yang paling utama. Pengacara perempuan biasanya akan membiarkanmu menceritakan permasalahanmu sesuai sudut pandangmu. Dia tidak akan memutus ceritamu sebelum kamu benar-benar lega. Terutama untuk masalah keluarga ya. Jadi nggak heran, kalau sewa pengacara perempuan itu jadi lebih lepas ceritanya karena nggak dipotong-potong.

Setelah teman-teman lepas bercerita, pengacara akan membantu teman-teman untuk memilah-milah mana masalah hukum dan mana masalah perasaan. Kemudian baru mengusulkan solusi hukum yang akan membuat klien lega. Kalau solusi perasaan, pengacara perempuan cenderung lebih suka mendengar dengan empati.

 

SEKIAN

Aku tidak mengharapkan teman-teman terjerat masalah hukum. Sama halnya dokter yang baik tidak menginginkan manusia sakit. Tidak ada salahnya memilih pengacara perempuan. Kalau bukan sesama perempuan sendiri yang membela, terus siapa lagi.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Catcilku Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Catcilku
Guest

Ternyata jadi pengacara sekaligus jadi tempat curhat ya hehe. Salam kenal, ibu pengacara.

Go Top