Wisata Favorit Keluarga Madiun : Umbul Madiun Square

Senang bisa merasakan akhir pekan bersama keluarga tercinta. Apapun aktifitasnya, yang terpenting adalah kebersamaannya. Tidak ada waktu untuk berlibur ke luar kota, wisata dalam kota menjadi pilihan bijak untuk mengambil jeda sejenak. Apalagi, kalau lokasi wisata jaraknya hanya 2 km dari rumah. Lumayan, anggaran bahan bakar bisa untuk jajan mewah. Kebetulan juga, suami kedatangan keponakan yang harus dijamu agar dia kerasan. Alhasil, pada hari Minggu, awal bulan Agustus, kami sekeluarga berlibur ke Madiun Umbul Square (MUS). Apa baby Adna yang masih 3 bulan juga diajak? Tentu, karena lokasi MUS dekat dari rumah, baby Adna otomatis ikut.

 

dokumen pribadi

Madiun Umbul Square (MUS) Pengobat Rindu Masa Kecilmu

MUS menurutku cukup bagus dan terawat untuk ukuran wisata di dekat rumahku yang memang beda dari rumahmu. Iya, rumahmu yang di Malang dekat dengan Jatim Park, atau di Jakarta yang dekat dengan Ancol. Menurutku, keberadaan MUS merupakan pertanda kemajuan bagi Kabupaten Madiun sekarang ini. Karena sebelumnya, tempat wisata ini pernah mati suri dan disalahgunakan pihak ketiga sebagai pengelola.

Adakah pembaca disini yang dulunya pernah kecil di Madiun? Kalau ada, coba angkat tangan. Mungkin bagi teman pembaca yang pernah kecil di Madiun, tempat wisata ini pernah menjadi tempat wisata favorit di lingkungan keluarga kalian. Bagaimana tidak, dulu, di Madiun belum ada satu pun mall.  Adanya ya, tempat ini saja sebagai wadah berlibur keluarga. Hehehe.

Tapi bagaimana Umbul dulu dan sekarang? Aku berani katakan sudah berbedada jauh. Masa kecilku, tiga kali datang ke tempat ini. Pertama, Ayah yang mengajakku kemari bermain ayunan agar mau makan. Seingatku, aku belum sekolah waktu itu. Umbul masih terasa asri. Kedua, waktu TK saat tempat sekolah soreku mengadakan dharmawisata. Seingatku, Umbul waktu itu terkesan angker dan sunyi. Terakhir, waktu awal masuk SD kalau tidak salah. Umbul semakin tidak terawat dengan air kolamnya yang terlihat begitu hijau dan kotor. Tapi sekarang Umbul berbenah, dan berubah nama menjadi Madiun Umbul Square Night Festival.

dokumen pribadi

 

Apa yang Bisa Kita Nikmati di Madiun Umbul Square (MUS)?

Sejujurnya, aku lebih menikmati berwisata dengan siapa dari pada berwisata dimana. Paham maksudku, kan? Jadi, bagiku berlibur dengan keluarga memang benar-benar menyenangkan dimanapun tempatnya. Tempat bagus bagiku hadiah. Sedangkan tempat bagus yang lokasinya dekat rumah, adalah anugrah. Karena sebagai emak-emak, aku perlu memperhatikan anggaran termasuk untuk liburan. Hehehe.

Terlepas dari kesenangan yang aku dapat, pada tulisan ini aku mencoba obyektif untuk menambah wawasan teman pembaca tentang wisata dekat rumahku yang oke punya. Ada berbagai wahana di Madiun Umbul Square (MUS) yang bisa kita nikmati bersama keluarga. Disamping wahana-wahana tersebut, Madiun Umbul Square (MUS) juga menyediakan pendopo yang bisa disewa untuk acara gathering. Selain itu ada berbagai macam lampion berwarna warni yang dinyalakan mulai dari pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Yuk, simak apa saja wahana yang ada di Madiun Umbul Square!

dokumen pribadi

 

Out Bond Kid

Kita mulai dari yang paling timur, ya. Ada wahana bernama Out Bond Kid. Aku cuma bisa membayangkan kalau nanti Adna sudah agak besar. Umur 4 – 5 tahunan lah ya, bisa nih aku ajak ke wahana ini. Kenapa? Wahana yang terdiri dari terowongan ban, jaring laba-laba, flying fox dan lain-lain ini bisa untuk melatih percaya diri dan keberanian balita. Usia Adna sekarang masih 3 bulan. Alhasil, kita nikmati saja pemdangangan sambil jalan-jalan. Oh ya, maaf sebelumnya karena aku lupa menanyakan harga tiket tambahan untuk masuk wahana ini. Tapi aku dan suami masuk saja tanpa bermain gratis.

dokumen Madiun Umbul Square

Taman Amarta

Taman ini yang paling aku suka. Selain ada gubuk yang bisa untuk istirahat, pohon beringin yang lebat menjadikan tempat ini begitu sejuk dan nyaman. Bagi teman-teman yang suka foto-foto ria, arena ini bisa kamu jadikan koleksi foto instagram. Ada banyak latar tiga dimensi yang bisa membuat gayamu memberi kesan terkini. Untuk masuk ke taman Amarta ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis.

dokumen pribadi

Roller Coaster

Wahana yang paling membuatku penasaran tapi tidak sampai hati untuk mencobanya. Iya kali, emak-emak bawa bayi coba wahana beginian. Kalau anak nangis cari emaknya bagaimana? Kalau tidak salah, wahana ini dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 5.000. Salah satu wahana yang memacu adrenalin.

dokumen pribadi

 

Water Bom

Kalau masuk wahana ini, dikenakan tambahan biaya Rp 10.000. Ada kolam dewasa, kolam anak, dan sekaligus tempat pemandian air panas. Suatu hari, kalau anak sudah bisa diajak berenang di kolam ini, aku akan coba water bom ini. Seriusan? Sejujurnya saya dan suami itu suka bermain. Dan water bom merupakan salah satu permainan favorit kami. Waktu hamil Adna, aku juga sempat bermain water bom dan itu karena kami belum tahu kalau aku sudah hamil. Hehehe. 

dokumen pribadi

Pemandian Air Panas

Pemandian sumber air belerang panas dulunya menjadi icon tempat wisata ini. Mungkin karena lama-lama terkesan angker jadi tidak ada pengunjung yang berani. Akhirnya, lokasi yang dimaksud sumber air tersebut sekarang dijadikan tempat pojok sejarah. Sedangkan pemandian air panasnya, diganti dengan air panas buatan berada satu lokasi dengan area kolam renang water bom. Sayangnya aku lupa untuk mengambil gambar tepatnya.

 

Pojok Sejarah

sumber : https://andrikyawarman.wordpress.com/2016/10/08/kepurbakalaan-umbul/

Ada jejak sejarah di tempat wisata ini. Makannya dulu, setiap suro (tahun baru Jawa) ada upacara adat memandikan keris dengan sumber mata air belerang. Di area pojok sejarah, kita bisa melihat foto-foto sakral bagaimana sesepuh memandikan keris di tempat ini. Dan ada berbagai benda-benda purbakala yang berada satu tempat dengan sumber mata air panas. Lebih lanjut tentang jejak sejarah di lokasi wisata ini, kunjungi link berikut ini.

 

Food Court

Jujur, area food court termasuk area yang paling aku sayangkan. Kenapa? Karena sebenarnya penjual tidak fokus di area ini. Area food court, lebih dimanfaatkan untuk anak-anak bermain otoped. Menurutku, kalau ada kursi-kursi untuk nongkrong kayaknya bakal lebih asik kali ya. 

 

Terapi Ikan

Wahana klasik yang tetap jadi favoritnya suami. Kolam biasa tapi seru karena ada ikan kecil-kecilnya yang siap gigit-gigit lapisan epidermis kulit kita. Geli-geli manja membuat kami bertahan lama. Area ini, bayar seiklasnya. Kalau mau menganggap ini gratis juga bisa.

 

Rumah Hobbit

Selain area out bond kid, area rumah hobbit juga menjadi area impian untuk bermain bersama Adna. Kalau di area ini, Adna sudah bisa merangkak kayaknya bisa aku ajak kesini. Banyak mainan kecil-kecil untuk melatih perkembangan motoriknya disini. Aku kurang tahu berapa biaya tambahan masuk rumah hobbit. Karena waktu kesana sudah tutup, alhasil foto dari depan saja.

 

Mini Zoo

Salah satu kegiatan asik bersama anak yaitu mengenalkan hewan-hewan secara langsung. Ada berbagai jenis hewan di tempat wisata ini. Mulai dari aneka burung seperti burung merak dan elang, aneka buaya dan ular, aneka monyet atau kera, singa, rusa dan lain sebagainya. Aku kasih gambar salah satunya saja, ya. Beruang nan lucu yang sdang lapar. Oh ya, untuk arena ini sama sekali tidak dipungut biaya tambahan.

 

Berbagai Wahana Lainnya

Selain area dan wahana yang aku sebutkan di atas, ada wahana tambahan seperti kora-kora, biang lala, komedi putar yang harga tiket tambahannya sekitar Rp 5.000. Ada juga wahana 3D yang tiket tambahannya Rp 10.000.

 

Harga Tiket Masuk Murah Meriah

Selain harga tiket tambahan di area atau wahana yang aku sebutkan di atas, biaya masuk di Madiun Umbul Square (MUS) sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 20.000 di akhir pekan dan Rp 15.000 di hari biasa, kita bisa menikmati area gratis yang sudah cukup menghibur. Oh ya, harga yang aku tulis ini harga di bulan Juli – Agustus 2019, ya. Kalau ada perubahan mungkin karena waktu berkunjungnya yang berbeda.

 

Madiun Umbul Square (MUS) Dipercaya Sebagai Lembaga Konservasi di Madiun

Mengutip dari liputan berita Sakti TV Madiun, mulai Januari 2017, Madiun Umbul Square mendapatkan izin sebagai lembaga konservasi satwa. Artinya, dengan izin tersebut pihak Madiun Umbul Square memiliki otoritas untuk mengelola keaneragaman satwa dan memberikan edukasi terkait satwa kepada masyarakat. Tentu kemajuan ini bisa bermanfaat untuk anak-anaka yang akan belajar tentang satwa. Bagiku sendiri, tidak perlu jauh-jauh ke Kebun Binatang Surabaya untuk mengenalkan Adna pada satwa nantinya.

 

Kekurangan Madiun Umbul Square (MUS)

Karena aku berusaha obyektif, maka dalam tulisan ini juga aku tulis kekurangan tempat wisata dekat rumahku ini. Tentu sifatnya bukan untuk menyinggung pengelola tapi sebagai masukan agar warga Madiun juga menjadikan Madiun Umbul Square (MUS) sebagai lokasi wisata favorit keluarga. Kalau warganya sudah suka, mudah bagi mereka mengajak sanak saudara atau kerabat dari luar kota untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

 

Lokasi Parkir Motor

Dari awal masuk dulu ya, kalau parkir mobil menurutku nyaman-nayaman saja. Tapi lokasi parkir motor bisa menggangu pengunjung yang sedang berpindah dari area timur ke area barat atau sebaliknya.

 

Tempat Berjualan yang Berpencar

Sebenarnya sudah ada area food court. Sayangnya yang berjualan di situ sedikit dan lebih banyak penjual yang ada di mini zoo.  Memang susah sih, untuk mengatur pada pedagang. Tapi memang lebih enak area berjualan itu jadi satu. Sehingga pengunjung bisa fokus menikmati setiap wahana yang disuguhkan.

 

Food Court yang Kurang Nyaman

Area Food Court dalam bayanganku berada setelah pintu keluar kolam renang. Sayangnya disitu digunakan untuk anak-anak bermain otoped dan mobil mini. Mungkin bermain otopednya bisa dialihkan di sekitar biang lala kali, ya. Sehingga ada tempat nongkrong ala-ala food court yang bisa diajadikan istirahat para orang tua. Hehehe.

 

Tidak Ramah Stoller

Aku pikir, area Madiun Umbul Square sangat luas. Sehingga butuh stoller untuk mendorong Adna. Biar jalan-jalannya Ayah dan Ibu juga lebih santai. Sayangnya, lokasi Wahana Madiun Umbul Square tidak ramah stoller. Terlebih di area mini zoo dan Taman Amarta.

 

Acara Panggung yang Tidak Ramah Anak

Waktu aku ke Madiun Umbul Square ini, kebetulan ada acara gathering dari salah satu kantor. Ada musik-musik orang dewasa. Dan tidak jarang ada acara joget atau panggung dangdut yang tidak ramah anak. Karena mayoritas wahana disini diperuntukan untuk anak-anak, saranku pribadi acara panggungnya juga acara anak-anak begitu.

 

Lokasi Madiun Umbul Square (MUS)

Jadi, Madiu Umbul Square ini berlokasi di desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun dan berjarak 20 km dari Kota Madiun ke arah selatan. Buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

 

Kesimpulan Berwisata Madiun Umbul Square (MUS)

Terlepas dari kekuranganya, banyak kelebihan Madiun Umbul Square sebagai tempat wisata modern di Kabupaten Madiun. Selain biaya tiketnya murah, bagi emak-emak bisa mengajak anaknya berlibur sekaligus belajar.

 

Catatan Akhir :

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil kunjungan saya ke lokasi. Semoga bisa membantu mempromosikan wisata unggul Kabupaten Madiun dan bermanfaat bagi warga net yang sedang mencari tempat wisata keluarga di Madiun.

6
Leave a Reply

avatar
6 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
leliadeunyDianBunga LompatNizam Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fanny F Nila
Guest

aku udh lama bangetttt ga ke madiun. tp trakhir ksanapun hanya sekedar lewat mba, bukan utk singgah bener2. Jadi jujurnya ga tau juga tempat wisata di sana. tp tempat wisatanya ingetin ama yg dulu pernah aku datangin pas masih tinggal di Aceh. Tempat wisata kecil, tp udh jadi kesenangan wrga lokalnya banget :). apalagi kalo di kota itu sedikit tempat hiburan. Dulupun, aku selalu girang luar biasa kalo diajak papa main di tempat wisata begini. moga2 yaaa kedepannya MUS bisa lbh bagus, lbh tratur lagi , jadi bisa menarik minat banyak wisatawan :). kalo sdg traveling ke sana, aku bakal… Read more »

Nizam
Guest

Madiun Umbul square cocok jd tempat liburan keluarga. Semoga koleksi mini zoonya makin komplit

Bunga Lompat
Guest

Huhu, benar sekali kak. Yang membuat bahagia kadang itu bukan tempatnya, tapi kualitas bersama orangnya hehe.

Menurut aku, Madiun Umbul Square ini menarik karena ada banyak wahana yang pasti bikin anak-anak senang. Gak melulu cuma taman bermain yang isinya ayunan sama perosotan. Apalagi ada kolam renang. Wah saya sih waktu masih kecil paling ga bisa liat kolam renang kalo ga diceburin xD

Dian
Guest

Wah lengkap ya mbak..

Kukira square itu sejenis mall, hahaha

adeuny
Guest

bisa banget nih besok kalau ke madiub mampir kesini

leli
Guest

Waah murah banget ya tiket masuknya.
Lengkap juga ada macem macem hiburannya, dan kids friendly pula.

asiik madiun keren sekali.

Go Top