Tingkatkan Keterampilan Kerja Melaului Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Berikut Infonya!

Salah satu agenda Indonesia untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 yaitu mewujudkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) domestik menjadi lebih baik. Oleh karenanya, pendidikan menjadi salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak. Pendidikan tidak harus diwujudkan secara formal di lingkungan sekolah ataupun perguruan tinggi saja. Pendidikan non formal juga perlu digiatkan untuk mewujudkan SDM yang terampil dan kreatif di persaingan industri yang ketat saat ini.

Pemerintah, melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (Pusdiklat Pemendagri) tengah melakukan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia dengan mengadakan Bimbingan Teknis bagi instansi pemerintah baik eksekutif, legislatif, maupun swasta dengan didukung oleh para professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu serta pengalaman di bidang masing-masing.

 

 

Bimbingan Teknis (Bimtek) Jawaban Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Terampil

Apa itu Bimbingan Teknis? Bimbingan Teknis merupakan upaya atau kegiatan untuk meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia khususnya dalam perkerjaan yang bersifat teknis sehingga lebih mudah dan cekatan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitar. 

Salah satu penyelenggara Bimbingan Teknis yang saya rekomendasikan untuk teman-teman pembaca yaitu, Bimbingan Teknis ( Bimtek) yang diadakan oleh Pusdiklat Pemendagri. Bimtek Pusdiklat Pemendagri memberikan bimbingan dan pelatihan khusus kepada peserta yang berasal dari petugas maupun karyawan untuk meningkatkan kompetensi  teknis dalam memecahkan permasalahan dan menyelesaikan pekerjaan dengan profesional. 

 

Mengapa Harus Memilih Bimtek Pusdiklat Pemendagri?

A. Visi Misi Jelas

Dalam mewujudkan motto Bersama Membangun Sumber Daya Manusia, Pusdiklat Pemendagri memiliki visi untuk mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional. serta mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivator untuk menjadi semakin baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh.

Sedangkan misinya antara lain yaitu : 

  1. Mendorong peningkatan kemampuan sumber daya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek),/ Sosialisasi, Mendorong peningkatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), Sosialisasi, dan pemahaman informasi.;
  2. Bersama masyarakat dan institusi lainnya memberikan kontribusi terhadap terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa;
  3. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui konsultasi publik atas setiap kebijakan yang akan diterapkan, dan Mendorong lahirnya inisiatif, kreatif dan kemandirian masyarakat;
  4. Meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan yang dilakukan

 

B. Legalitas Jelas

Pusdiklat Pemendagri sebagai lembaga riset, pendidikan, dan pelatihan yang kantor skeretariatnya berada di Jl. Cemara Ujung Blok 11 No. 02 Lantai 2 Jakarta Utara ini didirikan berdasarkan  Surat Keterangan Hukum dan HAM RI dengan No. AHU-0004660.AH.01.07.Tahun 2018 sehingga,  teman-teman pembaca tidak perlu khawatir tentang akurasi Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini. 

 

C. Bimtek yang Diberikan Lengkap

Ada banyak sekali pilihan Bimtek  Pusdiklat Pemendagri yang terangkum dalam Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Tidak hanya ditujukan bagi aparatur pemerintah eksekutif atau legislatif saja. Masyarakat umum atau instansi swasta juga bisa mengikuti Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Apa saja itu? Berikut, saya list daftar  Info Bimtek  yang harus teman-teman pembaca tahu :

  1. Pelatihan / Bimtek / Diklat DPRD
  2. Pelatihan / Bimtek / Diklat Desa/Lurah/Camat
  3. Pelatihan / Bimtek / Diklat Keuangan
  4. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kepegawaian
  5. Pelatihan / Bimtek / Diklat Barang dan Aset
  6. Pelatihan / Bimtek / Diklat Pemerintahan Daerah
  7. Pelatihan / Bimtek / Diklat Barang/Jasa Pemerintah
  8. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kearsipan
  9. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kesehatan & Rumah Sakit
  10. Pelatihan / Bimtek / Diklat Perpajakan
  11. Pelatihan / Bimtek / Diklat Penanaman Modal
  12. Pelatihan / Bimtek / Diklat UKM / UMKM
  13. Pelatihan / Bimtek / Diklat SATPOL PP
  14. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kependudukan dan Capil
  15. Pelatihan / Bimtek / Diklat Perusahaan/BUMD/BUMN
  16. Pelatihan / Bimtek / Diklat Bidang Hukum

Coba teman-teman klik warna biru itu. Daftar Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang saya tuliskan hanya sebagian. Jika teman-teman meng-klik bidang keuangan misalnya. Teman-teman akan mendapatkan menu atau daftar materi  Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri terkait bidang keuangan yang lebih detail. Ada sekitar 36 materi yang tersedia pada Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri terkait bidang keuangan . Salah satunya Bimtek Pusdiklat Pemendagri bidang keuangan yaitu Bimtek Strategi Pembukuan dan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran.

Itu baru bidang keuangan saja.  Tentu masih banyak bidang yang lainnya. Pada Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bidang Kepegawaian ada 10 materi. Sedangkan pada Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ada 11 materi.  Dari pada teman-teman pembaca penasaran, silahkan klik hyperlink yang sudah saya sematkan. 

 

D. Didukung Para Profesional

Teman-teman tidak akan sia-sia mengikuti Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Selain Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini begitu lengkap, seperti yang sudah saya jelaskan di awal,  bahwa bimbimngan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Pusdiklat Pemendageri ini didukung oleh para profesional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu serta pengalaman di bidang masing-masing. 

 

E. Jadwal Sepanjang Tahun Setiap Bulan dan Diselenggarakan di Seluruh Indonesia

Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini diadakan hampir setiap bulan di tahun 2019 ini. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir jika kehilangan kesempatan mengikuti Bimtek di bulan lalu, teman-teman bisa langsung daftar untuk bulan depan. Misal bulan April, Mei, atau Juni. Seperti yang saya cantumkan dalam daftar di bawah. Untuk Jadwal  Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang lebih lengkap, teman-teman bisa klik disini.  Oh ya, selain jadwalnya yang selalu ada setiap bulan sepanjang tahun, Bimtek Pusdiklat Pemendagri juga diadakan di seluruh Kota Besar di Indonesia. Seperti, Medan, Makasar, Lombok, Surabaya, Jogja, bandung, Manado, dan lain sebagainya. 

Bagaimana Cara Mengikuti Bimtek Pusdiklat Pemendagri?

Setelah tahu, jadwal dan lokasi Bimtek Pusdiklat Pemendagri diadakan, pasti tambah penasaran kan, lihat foto-foto kegiatannya? Nah, langsung saja ikuti acara Bimtek Pusdiklat Pemendagri selanjutnya. Caranya mudah sekali. Teman-teman bisa langsung datang ke sekretariat  Pusdiklat Pemendagri di Jl. Cemara Ujung Blok 11 No 2 Lantai 1 Jakarta 14260 untuk mendaftarkan diri. Atau bisa juga via daring, melalui :

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

Telp Pusdiklat Pemendagri  0812 943 77777

0812 943 77777 / 0852-8744-5678

 admin@pusdiklatpemendagri.com

Oh ya, jangan lupa juga kunjungi  website pusdiklat pemendagri www.pusdiklatpemendagri.com

 

Galeri Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini sudah diadakan di beberapa kota di Indonesia. Masih ragu untuk mengikuti Bimtek Pusdiklat Pemendagri? Simak foto-foto Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang sudah pernah terlaksana ini :

 



 

Selain Bimtek, Apalagi yang Bisa Kita Dapatkan dari Pusdiklat Pemendagri?

Salah satu tujuan dari pada dibentuknya Pusdiklat Pemendagri adalah untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktivitas SDM dan mensosialisasikan serta mensinkronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan industri dan sebaliknya, pelaku industri juga dapat memberi masukan dan kontribusi kepada pemerintah. Intinya, agar pemerintah dan pelaku industri saling bersinergi.

Selain diadakan Bimtek untuk meningkatkan produktivitas SDM, Pusdiklat Pemendagri juga mengadakan Diklat dan Pelatihan. Sama halnya dengan Bimtek, Diklat dan Pelatihan juga ditujukan bagi instansi pemerintah baik eksekutif, legislatif, maupun swasta. Tentu saja juga didukung oleh professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Cara daftarnya juga sama dengan Bimtek. Teman-teman bisa langsung menghubungi nomer yang sudah tertera. Untuk jadwal Diklat dan Pelatihan, teman-teman bisa klik Jadwal Diklat atau Jadwal Pelatihan

 

Semoga Informasi ini Bermanfaat 

Keterampilan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia unggulan. Jika SDM negara kita bagus, tentu kita tidak perlu khawatir dengan pada reformasi industri 4.0. Pemerintah, sudah menyediakan Bimtek, Diklat, dan Pelatihan melalui Pusdiklat Pemendagri. Sebagai masyarakat, hendaknya kita berpartisipasi dengan mengikuti pelatihan tersebut agar kita sendiri sebagai Sumber Daya Manusia tidak tertinggal digerus zaman karena keterampilan yang kita miliki masih kurang. Mari kita lengkapi dengan mengikuti program dari Pusdiklat Pemendagri. Semoga Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini, bermanfaat untuk pembaca blog saya yang budiman. Terimakasih. 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Go Top